Friday, December 7, 2012

Topologi Jaringan GPRS






 Jaringan GPRS terdiri dari beberapa elemen berikut:


Gambar Topologi Jaringan GPRS
  • SGSN (Serving GPRS Support Node). SGSN adalah node yang melayani MS (Mobile Subscriber) dan bertanggung jawab untuk GMM (GPRS Mobility Management ). SGSN memberikan paket MS dan berkomunikasi dengan HLR untuk memperoleh profil pelanggan GPRS. SGSN dapat terhubung dengan beberapa BSC.
  • GGSN (Gateway GPRS Support Node). GGSN menyediakan interworking dengan jaringan paket data eksternal (PDNs). GGSN mungkin terhubung dengan satu atau beberapa jaringan data. GGSN terhubung dengan SGSN melalui jaringan backbone berbasis IP. GGSN adalah sebuah router yang meneruskan paket yang masuk dari PDN eksternal ke SGSN yang melayani MS. Serta meneruskan keluar paket ke PDN eksternal. PDN adalah jaringan data eksternal yang terhubung jaringan GPRS. Sebuah contoh dari PDN adalah jaringan internet.
  • HLR (Home Location Register). HLR adalah database yang antara lain berisi paket data pelanggan dan informasi routing.
  • BSS. BSS memastikan koneksi radio antara ponsel dan jaringan. BSS bertanggung jawab untuk manajemen akses radio. BSS terdiri dari dua elemen: BTS dan BSC. BTS mengintegrasikan semua transmisi dan penerimaan radio. BSC bertanggung jawab atas pengelolaan saluran radio. BSC telah beralih kemampuan yang digunakan untuk circuit-switched panggilan dan juga dapat digunakan untuk lalu lintas GPRS.
  • MSC/VLR (Mobile switching center/visitor location register). MSC bertugas melakukan koordinasi panggilan ke dan dari pengguna GSM dan mengelola mobilitas GSM. MSC tidak secara langsung terlibat dalam jaringan GPRS. MSC meneruskan circuit-switched paging untuk GPRS-attached MS ke SGSN ketika ada interface Gs.
  • EIR (Equipment identity register). EIR adalah database yang berisi identitas terminal pelanggan. 
sumber: 
http://www.3gpp.org/ftp/Specs/html-info/23060.htm
http://etutorials.org/Mobile+devices/gprs+mobile+internet/Chapter+3+Overview+of+GPRS/

1 comment: